Visionary Leadership in Madrasah's Head Education Quality Development (Study at Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar, Makassar City)

Visionary Leadership

  • Mulyadi - Universitas Islam Makassar
Keywords: Visionary Leadership, Education Quality, Madrasah’s Head

Abstract

Abstract: The goals of this study are to; 1) analyze Madrasah principals' innovative leadership strategies in improving the quality of education at Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Makassar City and 2) assess the efficacy of Madrasah principals' visionary leadership in developing the quality of education at Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Makassar City. This type of research is descriptive qualitative research. Sources of research data are the principal, the head of the foundation and the Ibtidaiyah Al-Abrar teachers in Makassar City. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, and documentation. The approach taken is phenomenological. The data analysis of this study used qualitative methods, with data analysis carried out by steps, data reduction, data display, and 3) data verification. The data validity test is past due to source triangulation to test the validity of data. The results showed that the visionary leadership strategy of the headmaster of madrasah in developing the quality of education of Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar in Makassar City, includes a) Looking to the future seen in the vision initiated, b) Able to formulate a clear vision, seen in the vision elaboration that refers to the vision madrasah, c) Able to change the vision into action, seen in the formulation of the mission and the exemplary attitude of the principal of the madrasah performance.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji strategi kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar, dan 2) mengetahui efektifitas kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dekriptif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, ketua yayasan dan guru Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan adalah fenomenologis. Analisis data penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan analisis data yang dilakukan dengan langkah-langkah, data reduction (reduksi data), display (penyajian) data, dan 3) verifikasi data. Uji keabsahan data menunggakan triangulasi sumber untuk pengujian keabsahan data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar, meliputi a) Berwawasan ke masa depan tampak pada visi yang digagas, b) Mampu merumuskan visi yang jelas, tampak pada penjabaran visi yang mengacu pada visi madrasah, c) Mampu mengubah visi ke dalam aksi, tampak pada rumusan misi dan sikap keteladanan kinerja kepala madrasah, d) Berani bertindak dalam meraih tujuan  tampak pada upaya memecahkan masalah, mendisiplinkan seluruh staf, guru dan peserta didik serta melakukan terobosan-terobosan, e) Mampu menggalang orang lain tampak pada kepala madrasah mengorganisir guru maupun komite madrasah, f) Membangun hubungan secara efektif, tampak pada komunikasi, motivasi, dan transparansi kepala madrasah, g) Berpegang erat kepada nilai-nilai spiritual, tampak pada pegangan berlandaskan pada Al-Qur’an dan perilaku kepala madrasah, dan h) Innovatif dan proaktif tampak pada perbaikan dan penataan infrastruktur madrasah. Efektifitas kepemimpinan visoner kepala madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Abrar Kota Makassar tampak pada,  a) pelaksanaan standar proses tercapai, b) standar pendidik dan tenaga kependidikan tercapai, c) standar sarana dan prasarana sudah memadai, dan d) standar pengelolaan berjalan dengan baik dan transparan.

Kata-kata kunci: Kepemimpinan Visioner, Mutu Pendidikan

CROSSMARK
Published
2021-06-30
DIMENSIONS
Section
Articles